Selasa, 29 April 2014

Padu Padan Sepatu Oxford


Oxford shoes, sepatu kulit dan beraksen tali seksi ini dibawa dari negara asalnya Skotlandia dan Irlandia. Entah kenapa dinamai Oxford. Menurut sejarahnya, di tahun 1800, para lulusan Oxford, Inggris, menciptakan sepatu yang identik dengan lubang-lubang artistik, dekoratif (toe cap) membentuk sulur yang menghias permukaan atasnya.


Seperti Coco Chanel yang lekat dengan pernik klasik, gaya sepatu Oxford atau Brogues justru terlihat Androgny, demikian pengamat fashion dunia menilai sepatu bergaya unisex tersebut. Supermodel dunia, Agynes Deyn, adalah pelopor pertama tren Oxford shoes di ranah fashion. 
Sepatu ini sekilas mirip dengan model sepatu pantofel, namun yang membedakan, Oxford shoes memiliki detail jahitan di kanan dan kiri yang membentuk sayap. Oxford Shoes biasanya hadir dalam warna-warna "aman" monokromatik, seperti hitam, coklat, abu-abu dan putih, namun kini tersedia juga Oxford Shoes dalam warna-warna cerah. 


Pengayaan dalam tren Oxford shoes, salah satunya adalah menciptakan model tersebut dengan mengadopsi bentuk ankle boots.

Modelnya yang lebih mirip sepatu pantofel pria, membuat sebagian wanita terlalu takut atau pikir-pikir memilih sepatu tersebut untuk dipadupadankan dengan busana. Takut dibilang terlalu maskulin, padahal sejatinya sangat feminin. Alhasil, Oxford Shoes bisa jadi jebakan saat dipadukan dengan busana.

Namun, tak ada yang tak mungkin jika Anda berani memutuskan dan "cerdas" memilih busana yang tepat dipadankan dengan Oxford Shoes, favorit Anda. Seperti juga Sienna Miller, Emma Watson dan Blake Lively, yang tak kehilangan sisi femininnya meski ber-Oxford Shoes.

Agar tak menjadi kormod alias korban mode, sebaiknya jangan pernah melanggar aturan main padu padan busana. Oxford Shoes yang membuat Anda tampil "boyish" bisa diimbangi dengan blouse ruffle atau renda berwarna lembut agar terkesan lebih feminin.

Sementara, untuk Anda yang senang tampil casual, sandingkan Oxford Shoes dengan celana pendek (shorts), plus padukan dengan T-Shirt simpel. Imbangi dengan lebih banyak aksesoris bold, untuk kesan feminin. Ingin tampil sedikit beda, boleh intip gaya busana Diana Rikasari, fashion blogger - yang memadukan stocking warna cerah dengan Oxford Shoes hitam, miliknya. 

Padukan dengan pleated skirt di atas lutut, t-shirt feminin atau camisole, untuk tampilan chic. Untuk kesan beda dan lebih muda, tambahkan juga kaos kaki selutut. Sementara, teman dekat Oxford adalah jeans model pensil atau skinny. Padukan saja dengan atasan tunic longgar atau cardigan, lengkapi pula dengan tas feminin.

Sumber : Suara Merdeka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar